Wakil Bupati Humbang Hasundutan membuka Bimtek Penyusunan LPPD dan LKPj Tahun 2017


Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2017 didampingi Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Drs. Augus P Marbun. M. Si bertempat Pendopo Kantor Bupati Humbang Hasundutan Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul (Selasa, 23/01).

Kegiatan Bimtek ini mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Dalam sambutan Wakil Bupati mengucapkan selamat datang kepada narasumber dari Ditjend Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yang merupakan angggota tim evaluasi kenerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Bapak Haryanto dan Yudhistira yang berkenan datang untuk membimbing dalam penyusunan LPPD dan LKPj Tahun 2017 dan ini juga suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Anggota tim nasional EKPPD secara langung di Kabupaten Humbang Hasundutan memotivasi aparatur untuk semakin giat dan berusaha keras untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Sesuai dengan Surat Gubernur Sumatera Utara yang menghunjuk Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 120.04/10695/OTDA tanggal 12 Desember 2017 perihal Pemyusunan LPPD Tahun 2017 bahwa LPPD Kabupaten/Kota haris disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur pada tanggal 31 Maret 2018. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sudah menyelenggarakan pemerintahan daerah sesuai kemampuan yang ada, diamana pada EKPPD Tahun 2016 terhadap LPPD tahun 2015 memperoleh peringkat 7 dari 33 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara dan peringkat 160 dari 384 Kabupaten se-Indonesia dengan nilai kategori tinggi. Pada saat ini Kabupaten/Kota juga tentunya sedang berusaha meningkatkan kinerja melalui LPPD dan kita juga harus terus meningkatkan kinerja dan berjuang samapai memperoleh peringkat 10 besar secara nasional.

Melalui Bimtek ini Wakil Bupati mengharapkan nantinya bagi seluruh pimpinan OPD dan peserta yang berperan aktif dalam penyusunan LPPD dan LKPj agar memperhatikan proses pemyusunan dan pengisian Indeks Kinerja Kunci (IKK) dan data pendukung IKK yang nantinya akan dikompilasi dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daearah, dan juga dalam penyusunan LKPj agar betul-betul memperhatikan dengan cermat seluruh capaian kinerja yang disajikan dan data harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan di lapangan.
Usai paparan para narasumber, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab dengan para peserta Bimbingan Teknis.

Bimbingan Teknis ini juga dihadiri para Asisten, pimpinan OPD/Unit Kerja/ Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan. (Bag Protokol).