Lomba Lagu-Lagu Nasional Daerah Antar Guru Se-Kabupaten Humbang Hasundutan


* Kecamatan Pakkat Juara I

Doloksanggul-Menyambut HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini, Dinas Pendidikan melaksanakan lomba lagu-lagu nasional daerah antar guru se- Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa (25/7) bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul. Lagu-lagu itu nantinya akan ditampilkan saat puncak HUT ke-14 yang dilaksanakan, Sabtu (29/7) di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.

Kegiatan lomba itu dibuka Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dan dihadiri Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi, Pabung 0210/TU Mayar Junaedi Tarigan, Kasat Binmas Polres Humbahas AKP Jamal Sitorus, Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Ny Betty Saul Situmorang, tokoh masyarakat antara lain RW Manalu, Mula Sihombing dan beberapa pimpinan SKPD.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan lomba lagu-lagu antar guru merupakan salah satu kegiatan tahunan Dinas Pendidikan dalam rangka memeriahkan dan mensyukuri HUT Kabupaten Humbang Hasundutan. Puncak HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan dilaksanakan Sabtu 29 Juli 2017 bertempat di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul. Panitia telah menetapkan lagu wajib yaitu ‘Lihatlah Kemegahan Tanah Air Indonesia’. Sehingga kegiatan ini bukan hanya seremonial yang dilaksanakan panitia setiap tahunnya. Namun harus menyadari dan memahami makna yang terkandung dalam syair lagu itu. Yang dapat menggugah dan memotivasi jiwa dan raga segenap elemen masyarakat untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki karakter, pengetahuan dan keterampilan demi meraih kehidupan yang mandiri dan sejahtera.

Melalui lomba paduan suara ini diharapkan dapat menjalin komunikasi antar guru-guru yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan untuk menyatukan persepsi dan derap langkah dalam memajukan pendidikan yang bermutu dan berkarakter. Kepada peserta lomba diharapkan agar mengikuti kegiatan dengan baik dan tetap menjungjung tinggi sikap sportifitas serta menjaga nama baik kontingen. Sehingga pelaksanaan lomba dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Dalam perlombaan itu, sangat diharapkan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan sehingga tercipta keharmonisan antar kontingen.

Kadis Pendidikan Drs Jamilin Purba mengatakan lomba itu dilaksanakan sebagai ungkapan syukur HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan. Menjalin rasa persaudaraan sesama peserta lomba dan memasyarakatkan lagu-lagu nasional daerah di kalangan sekolah maupun masyarakat.   Peserta lomba sebanyak 10 mewakili setiap kecamatan yang merupakan guru-guru di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sebelum lomba dilaksanakan, terlebih dahulu penyerahan piala bergilir dari Camat Lintongnihuta Jara Trisepto Lumbantoruan SPd kepada Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora. Selanjutnya diserahkan kepada panitia diterima Kadis Pendidikan Drs Jamilin Purba.  Perlu diketahui bersama, tahun lalu lomba paduan suara dalam rangka HUT ke-13 dimenangkan Kecamatan Lintongnihuta dan diserahkan piala bergilir Bupati Humbang Hasundutan.

Dalam perlombaan itu, Kecamatan Pakkat tampil sebagai juara I, Lintongnihuta juara II, Onan ganjang juara III, Pollung harapan I, Doloksanggul harapan II dan Parlilitan harapan III. Dirigen terbaik kontingen dari Pakkat atas nama Poltak Sihombing.  Kepada juara I,II,III, harapan I, II dan III diberikan piala tetap dan uang pembinaan. Piala bergilir yang sebelumnya dimiliki Kecamatan Lintongnihuta, namun tahun 2017 ini piala bergilir itu bergeser dan dikuasai kontingen dari Kecamatan Pakkat. Begitu juga dirigen terbaik mendapat piala dan uang pembinaan. Seluruh peserta dari sepuluh kecamatan diberikan medali serta piagam penghargaan.

Panitia mendatangkan dewan juri yang sudah berpengalaman yaitu Drs Roviol Panjaitan, Amudi Lumbantobing S.Sn M.Hum dan Eben Haezarni Telaumbanua MPd.  Kegiatan itu ditutup Sekdakab Humbahas Saul Situmorang SE MSi. Hadir juga dalam penutupan itu Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Humbahas dan lainnya. Acara semakin menarik dengan tampilnya suara emas dari Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit dan suara merdu Dicky Baso dari SD Swasta Pakkat. (Diskominfo-HH).